Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Langkah Evaluasi Pembelajaran

Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Langkah Evaluasi Pembelajaran

Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Langkah Evaluasi Pembelajaran

Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Langkah Evaluasi Pembelajaran – Menurut beberapa pakar kependidikan evaluasi yaitu 1. kegiatan mengumpulkan informasi tentang bekerjanya sesuatu, yang selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk menentukan alternatif yang tepat dalam mengambil keputusan. 2. suatu proses yang sangat penting dalam pendidikan guru, tetapi ada beberapa pihak yang seringkali mengabaikan proses evaluasi tersebut. 3. suatu proses yang terus menerus, sebelum, sewaktu dan sesuadah proses belajar mengajar. Sedangkan evaluasi pembelajaran adalah suatu proses atau kegiatan sistematis, berkelanjutan dan menyeluruh dalam rangka pengendalian, penjaminan dan penetapan kualitas berbagai komponen pembelajaran berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu sebagai bentuk pertanggung jawaban guru dalam melaksanakan pembelajaran.

Evaluasi berkenaan dengan proses yang berhubungan dengan pengumpulan informasi yang memungkinkan untuk menentukan :

  1. Tingkat kemajuan pengajaran
  2. Ketercapaian tujuan pembelajaran
  3. Bagaimana berbuat baik pada waktu-waktu mendatang

Fungsi Evaluasi :

  • Sebagai alat pengukur ketercapaian tujuan mata pelajaran
  • Sebagai alat pengukur tujuan proses belajar megajar
  • Mengetahui kelemahan siswa dan dapat menyelesaikan kesulitan belajar siswa
  • Menempatkan siswa sesuai dengan bakat dan minatnya serta kemampuan siswa
  • Untuk guru BP, dapat mendata permasalahan yang dihadapi siswa dan alternatif bimbingan dan penyuluhannya

Tujuan Evaluasi Pembelajaran :

  1. Menentukan angka kemajuan atau hasil belajar pada siswa. Untuk mengetahui kadar pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran. Fungsinya sebagai laporan kepada orangtua siswa, penentuan kenaikan kelas, penentuan kelulusan siswa.
  2. Untuk melatih keberanian dan mengajak peserta didik untuk mengingat kembali materi yang telah diajarkan dan untuk mengetahui tingkat perubahan prilakunya.
  3. Mengenal latar belakang siswa yang berguna baik bagi penempatan maupun penentuan sebab-sebab kesulitan belajar para siswa. Berfungsi sebagai masukan bagi tugas Bimbingan dan Penyuluhan (BP).
  4. Sebagai umpan balik untuk guru yang dapat digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar dan program remedial untuk siswa.

Manfaat dilaksanakan Evaluasi Pembelajaran adalah :

  1. Membuat keputusan berkenaan dengan pelakasanaan dan hasil pembelajaran
  2. Memperoleh pemahaman pelaksanaan dan hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan oleh guru
  3. Meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran dalam rangka upaya meningkatkan kualitas

evaluasi-pembelajaranLangkah-Langkah dalam Evaluasi Hasil Belajar :

  1. Menyusun rencana evaluasi hasil belajar, ada 4 jenis kegiatan :
  • Merumuskan tujuan dilaksanakannya evaluasi
  • Menetapkan aspek-aspek yang akan dievaluasi
  • Memilih dan menentukan teknik yang akan digunakan pada saat melaksanakan evaluasi
  • Menyusun soal soal tes sebagai alat pengukur hasil belajar peserta didik

2.Mengumpulkan data merupakan pelaksanakan pengukuran, misalnya dengan menyelenggarakan tes hasil belajar.

3. Melakukan verifikasi dan memisahkan data yang baik dengan data yang kurang baik.

4. Mengolah dan Menganalisis data

5. Tindak lanjut terhadap hasil evaluasi serta menarik kesimpulan dan mengambil keputusan untuk merumuskan kebijakan-kebijakan yang perlu sebagai tindak lanjut dari kegiatan evaluasi tersebut.

al-masoem-logoTujuan diberikan test kepada siswa adalah untuk mengukur evaluasi hasil belajar siswa. Fungsinya untuk mengukur tingkat perkembangan yang telah dicapai siswa selama menempuh proses belajar. Guru di Al Ma’soem Islamic Boarding School selalu melakukan evaluasi pembelajaran setelah proses belajar berlangsung. Evaluasi tidak hanya terhadap hasil belajar siswa namun terhadap strategi guru saat mengajar apakah berhasil diterapkan di kelas tertentu atau tidak. Penerapan strategi belajar di setiap kelas mungkin saja berbeda tergantung dari tingkat keberhasilan siswa dalam menangkap penjelasan yang diberikan oleh guru. Guru di Al Ma’soem Islamic Boarding School selalu memberikan yang terbaik terhadap hasil belajar siswanya terbukti dengan banyaknya segudang prestasi yang telah dicapai siswa baik prestasi akademis maupun non-akademis.

Untuk Informasi lebih lanjut klik website : http://almasoem.sch.id/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s